Health

3 Produk Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat (Acne Vulgaris) adalah penyakit kulit multifactorial yang terjadi paling sering selama masa pubertas. Saya juga mengalami hal ini saat berada di bangku SMA. Saat ini, penyebab jerawat diketahui terdiri dari berbagai macam faktor seperti peningkatan produksi sebum, inflamasi, hiperkeratinisasi, dan bakteri penyebab jerawat seperti Propionibacterium acnes (corynebacteria). Selain itu, faktor lain yang juga tidak dapat disingkirkan sebagai penyebab jerawat adalah faktor keturunan, gangguan hormonal (hormon androgen memiliki peran penting), gangguan system imun, psikologi dan faktor lingkungan. Beberapa produk makanan dipercaya dapat menimbulkan jerawat seperti:

1. Milk and dairy products

Saat ini belum ada bukti pasti yang menyebutkan bahwa susu dan produk susu memiliki efek komedogenik (yang bisa menyebabkan jerawat). Penyebab jerawat paling mungkin dari produk susu adalah produksi hormon yang dihasilkan oleh sapi selama masa kehamilannya. Komponen dalam susu yang dipercaya dapat menstimulasi kelenjar sebasea (penghasil sebum) adalah Insulin-like Growth Factor 1 (IGF-1).

Pada tahun 2008 sebuah penelitian di Amerika terdiri dari 4000 pria mengatakan bahwa terdapat hubungan yang significant antara konsumsi susu rendah lemak dengan kejadian acne vulgaris.(1) Untuk itu, susu dan produk susu harus mulai kita hindari untuk mencegah timbulnya jerawat dan mencegah tingkat keparahan jerawat.

2. Chocolate

Coklat selalu dipertimbangkan sebagai salah satu faktor yang mungkin berkontribusi dalam tingkat keparahan jerawat. Namun, hanya sedikit bukti yang mengatakan bahwa coklat berefek negative terhadap kulit. Pada tahun 2011, sebuah penelitan di Amerika meneliti subjek yang mengkonsumsi coklat. Terdapat perubahan tingkat keparahan jerawat setelah mengkonsumsi coklat.(2)

Belum ada informasi yang menyebutkan tipe coklat yang dikonsumsi subjek dan resentasi cocoa yang dikonsumsi yang dapat memicu timbulnya jerawat.

3. Glycemic Index

Indeks Glikemik (IG) adalah suatu ukuran yang digunakan untuk menilai seberapa cepat karbohidrat ย dalam makanan dapat diubah menjadi gula oleh tubuh manusia. Konsumsi makanan yang memiliki index glikemik tinggi (sereal, chips, cookies, roti tawar, soda, nasi putih, kentang, dll) dapat memicu hyperinsulinemia. Peningkatan stimulasi insulin dapat memicu pengeluaran hormon androgen yang dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum.

Dampak produk makanan terhadap timbulnya jerawat masih menjadi subjek yang kontroversional namun juga tidak lagi bisa diabaikan. Yuk tulis pengalaman kamu saat timbul jerawat membandel di wajah di kolom komentar. Apa ada hubungannya dengan kamu mengkonsumsi 3 produk di atas

Sumber:

  1. Adebamowo CA dkk. Milk consumption and acne in teenaged boys. J Am Acad Dermatol 2008; 58:787-93
  2. Block SG, dkk. Exacerbation of facial acne vulgaris after consuming pure chocolate. J Am Acad Dermatol 2011; 65; e114-5

2 Replies to “3 Produk Penyebab Timbulnya Jerawat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *