Health

6 Produk Mengatasi Jerawat Secara Alami

Hubungan  antara makanan dan jerawat masih menjadi perdebatan. Bebeberapa penelitian pada satu decade terakhir ini mendorong para dokter ahli kulit untuk menggali lagi hubungan antara makanan dan jerawat. Tidak bisa dipungkiri bahwa penyebab jerawat multi faktorial mulai dari makanan, personal hygiene, hormonal, genetic, dll. Pada artikel kali ini saya akan membahas makanan yang dapat membantu mengatasi jerawat.

1. Dietary Fiber
Dietary fiber (serat pangan) adalah bahan pangan yang tidak tercerna oleh enzim pencernaan manusia yang banyak terkandung dalam sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dll. Konsumsi makanan tinggi serat akan melancarkan sistem pencernaan kita dan mencegah konstipasi. Sederhananya, semakin baik sistem pencernaan tubuh kita maka akan semakin baik pula kesehatan kulit kita.
Sebuah penelitian oleh Kaufman dkk, pada pasien dengan acne vulgaris (jerawat) yang mengkonsumsi 30gr serat pangan per hari (13gr/setiap jam makan) menyatakan bahwa terdapat hubungan yang significant terhadap perbaikan kondisi kulit pasien tersebut. (1)
2. Fatty Acid
Konsumsi Fatty Acid (asam lemak) seperti omega 3 dan omega 6 sangat penting bagi seseorang yang memiliki masalah jerawat. Omega 3 dan omega 6 mengandung senyawa anti-inflamasi (anti peradangan dan  menenangkan kulit dengan cara menyeimbangkan hormon dalam tubuh kita. Omega 3 paling banyak terdapat pada olive oil (minyak zaitun), dapat pula dijumpai pada alpukat, biji wijen, sayur kangkung, bayam, ikan salmon dan sarden. Sementara omega 6 dapat kita jumpai juga pada minyak zaitun dan biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji labu.
Sebuah study kecil pada tahun 2008 menyebutkan bahwa mengkonsumsi suplemen yang mengandung omega 3 dapat menurunkan jumlah jerawat pada wajah. (2)
3. Antioxidants
Antioksidan merupakan senyawa kimia yang dapat menghambat kerja radikal bebas sehingga kulit tetap sehat. Kita tidak bisa terbebas dari radikal bebas karena radika bebas selalu berada di sekitar kita namun kita dapat memproteksi diri dengan mengkonsumsi antioksidan. Antioksidan terbagi 2 yaitu antioksidan alami dan sintesis. Contoh antioksidan alami yaitu vitamin A, vitamin E, vitamin C dan polipenol sedangkan antioksidan sintetis contohnya BHA dan BHT. Sebenarnya antioksidan alami banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran, sebagai contoh Vitamin A terdapat pada wortel, brokoli, mangga, susu dan ikan. Vitamin C terdapat pada jambu biji, kiwi, brokoli, taoge, pepaya, stroberi, jeruk, lemon, bunga kol, anggur,bayam, tomat dan nanas. Vitamin E : alpukat, buah zaitun, bayam, kacang kacangan, biji bijian, minyak sayur, sayur sayuran hijau, tomat, rumput laut. Polipenol terdapat pada buah berri, teh, anggur, minyak zaitun, cokelat, kopi, kacang, buah delima.
Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 42 pria dan 47 wanita dengan acne vulgaris (jerawat) menunjukkan setelah 12 minggu mengkonsumsi suplemen vitamin E dan selenium perbaikan kondisi kulit yang berjerawat.(3)
4. Zinc
Zink adalah salah satu mikronutrien yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dan fungsi kulit. Zink dapat berfungsi sebagai bakteriostatik yang dapat menghambat kerja bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes) dan dapat menurunkan produksi zat-zat peradangan seperti TNF α. Zink banyak terkandung dalam makanan laut, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian. Info selengkapnya tentang makanan yang mengandung zink di HaloSehat
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michaelsson tentang manfaat zink terhadap kondisi  kulit tubuh menunjukkan terdapat perbaikan kondisi kulit yang berjerawat dengan pemberian suplemen zink pada pasien yang mengalami defisiensi zink.(4)
5. Vitamin A
Vitamin A merupakan mikronutrien yang dapat ditemukan pada produk hewan dan tumbuh-tumbuhan. Retinol dan turunannya kebanyakan ditemukan pada produk hewani sementara produk-produk yang bersumber dari tanam-tanaman terutama mengandung provitamin A. Sebuah penelitian oleh Kligman mengatakan pemberian suplementasi vitamin A (retinol) sangat efektif terhadap pengobatan jerawat.
6. Selenium
Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan selenium dalam tubuh berperan dalam proses peradangan seperti jerawat, eksim dan psoriasis. Selenium sangat penting untuk mencegah peradangan pada jerawat. Selenium adalah salah satu antioksidan yang bekerja memproteksi kulit layaknya antioksidan lain seperti vitamin E.
Hubungan antara makanan dengan jerawat masih menjadi hal yang kontroversial di bidang kedokteran namun tidak lagi bisa diabaikan. Peranan antioksidan, omega 3 dan 6, zink, vitamin A, selenium, serat pangan dalam mengatasi jerawat juga masih menjadi sebuah pertanyaan. Namun demikian, sebagai seseorang yang bermasalah dengan kulit berjerawat sebaiknya kita memperhatikan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sebaiknya kita mengingat dan mencatat makanan yang memperparah kondisi kulit kita. Beberapa penelitian yang disebutkan di atas menunjukkan bahwa hubungan makanan dan jerawat bukan lagi menjadi sebuah mitos.
Jika kamu punya pengalaman yang menarik atau mengalami perbaikan kondisi kulit setelah mengubah pola diet kamu, yuk sharing pengalaman kamu di kolom komentar J
Keterangan:
1. Kaufman WH. The diet and acne. Arch Dermatol 183; 119: 276
2. Rubin MG, Kim K, Logan AC. Acne Vulgaris, mental health and omega-3 fatty acisd: a report of cases. Lipids Helath Dis 2008; 7; 36.
3. Michaelsson G, Edqvist LE. Erythrocyte glutathione peroxidase activity in acne vulgaris and the effect of selenium and vitamin E treatment. Acne Derm Venereol 1984; 64: 9-14.
4. Michaelsson G, Juhlin L, Ljunghall K. A double-blind study of the effect of zinc and oxytetracycline in acne vulgaris. Br J Dermatol 1977; 97:561-6.

One Reply to “6 Produk Mengatasi Jerawat Secara Alami”

  1. Es batu merupakan salah satu herbal yang dapat anda gunakan untuk membantu membasmi jerawat pada wajah yang membandel. Bagaimana es batu bekerja untuk menghilangkan jerawat ? Es batu dapat dengan cepat membantu membasmi jerawat dengan meningkatkan sirkulasi darah pada lokasi jerawat berada. Lancarnya peredaran darah, dapat membantu menghilangkan jerawat membandel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *