College

Tips Belajar Efektif: Temukan Gaya Belajar Kamu

Saat akan belajar kita harus mencari tahu terlebih dahulu gaya belajar yang cocok buat kita untuk menerima informasi baru. Gaya belajar setiap orang berbeda-beda. Tingkat intelektual serta daya serap informasi setiap orang juga berbeda-beda. Jadi, kita tidak perlu merasa rendah diri ketika kita membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyerap informasi baru saat belajar. Untuk membantumu lebih mudah memahami materi pelajaran berikut 3 gaya belajar yang perlu kamu pahami. Temukan gaya belajarmu dan ikuti tips belajar sesuai gaya belajar kamu. 🙂

Gaya Belajar Visual

Kecenderungan tipe visual adalah mampu menerima informasi dengan menggunakan indra penglihatan. Tipe visual mengingat 75% apa yang dibaca atau dilihat. Saat diminta membayangkan suatu kejadian, seorang tipe visual akan memunculan bayangan atau gambar dalam pikirannya.

Berikut ciri kamu yang punya tipe visual:

  • Suka membaca
  • Suka membuat coretan saat berpikir, mencatat atau saat mendengarkan materi pelajaran.
  • Tahu apa yang akan dikatakan tetapi kadang-kadang sulit menemukan kata-kata yang cocok
  • Dapat mengingat diagram, peta dan grafik
  • Lebih memahami suatu informasi ketika MELIHAT nya

Tips belajar buat tipe visual:

  1. Tulis materi dalam buku catatan. Kamu akan mengingat materi lebih baik dengan cara ini
  2. Saat kamu mendengar materi pembelajaran di kelas, lihat langsung dosen atau guru yang sedang mengajar. Hal ini akan membantumu untuk fokus.
  3. Cobalah untuk belajar di tempat yang tenang. Gunakan earplugs jika diperlukan. Beberapa tipe visual menyukai belajar di tempat yang tenang sambil mendengarkan musik yang tenang.
  4. Gunakan highliter atau stabilo atau seringlah menggaris bawahi bagian-bagian yang penting di buku catatanmu atau buku cetak. Warna adalah rangsangan utama bagi tipe visual. Jadi, gunakan banyak warna untuk memberi tanda pada buku kamu.
  5. Saat kamu belajar suatu materi dengan menulis catatan kecil, coba tutup catatan kamu dan catat ulang materi tersebut dengan rapi. Mencatat ulang akan membantumu mengingat lebih baik.
  6. Sebelum mengerjakan suatu tugas, buat goal kamu dan tuliskan dalam post it. Letakkaan ditempat yang mudah kamu lihat.

Gaya Belajar Auditory

Gaya belajar tipe auditory adalah cenderung menerima informasi paling baik dan efektif dengan menggunakan indra pendengaran atau audio. Hanya 30% dari populasi yang memiliki gaya belajar tipe auditory. Gaya belajar auditory merupakan cara paling sulit untuk memahami suatu materi baru.

Berikut ciri kamu yang punya tipe auditory:

  • Mengingat apa yang dikatakan dan didengar
  • Suka mendengar musik
  • Mudah terganggu dengan suara atau bunyi lain saat belajar
  • Menikmati diskusi grup
  • Cenderung pandai bicara atau memilih kata-kata
  • Memahami informasi ketika MENDENGAR nya

Tips belajar buat tipe auditory:

  1. Belajar bersama teman sehingga kamu dapat berdiskusi tentang suatu materi dan sekaligus dapat mendengar langsung materi suatu pelajaran.
  2. Rekam materi kuliah atau pelajaran kamu dengan smartphone kamu. Kamu dapat memutar ulang materi pelajaran di rumah atau saat mendekati ujian.
  3. Buatlah kelompok belajar dimana kamu dapat mempresentasikan apa yang sudah dipelajari seperti seorang guru. Apa yang kamu sampaikan akan lebih melekat di memori kamu.
  4. Bacalah bahan belajar dengan mengeraskan suara sehingga lebih mudah ingat.
  5. Ucapkan dengan lantang setiap goal yang ingin kamu capai sebelum memulai aktivitas.

Gaya Belajar Kinestetik

Tipe ini cenderung menerima informasi paling baik dan efektif dengan melibatkan gerakan tubuh, pengalaman dan perasaan. Kamu dengan gaya belajar kinestik akan mengingat lebih baik berdasarkan pengalaman. Gaya belajar tipe kinestetik harus melibatkan seluruh anggota tubuh mereka, tidak cukup hanya dengan kedua tangan.

Berikut ciri kamu yang punya tipe kinestetik:

  • Banyak melakukan aktivitas fisik ringan ketika belajar. Contohnya suka memutar-mutar ballpoint, mengoyangkan kaki, atau mengetuk meja.
  • Mengingat apa yang kamu lakukan, apa yang kamu alami dengan anggota tubuh kamu (gerakan atau sentuhan)
  • Menikmati mempelajari suatu materi dengan menggunakan alat atau pelajaran praktikum.
  • Dapat mengingat bagaimana melakukan sesuatu setelah kamu selesai mengerjakannya (motor memory)

Tips belajar buat tipe kinestetik:

  1. Kamu mungkin tidak merasa nyaman belajar di meja belajar. Cobalah membaca dengan posisi berbaring atau telentang. Cobalah belajar di kursi panjang yang nyaman atau sofa.
  2. Belajar sambil mendengarkan musik mungkin akan cocok dengan kamu.
  3. Gunakan kertas berwarna untuk melapisi meja belajarmu. Gunakan warna favoritmu dan cobalah untuk mendekorasi ruang belajar sesuai dengan gaya kamu. Hal ini akan membantumu lebih fokus.
  4. Perbanyak frekuensi break saat belajar. Jika kamu telah belajar selama 15 – 25 menit, kamu dapat beristirahat 3-5 menit. Tapi jangan lupa untuk kembali belajar setelah break ya 🙂
  5. Ketika mencoba mengingat sesuatu, cobalah menutup mata kamu dan tulis informasi yang kamu ingat di udara atau di permukaan meja dengan jari kamu. Cobalah mengingat informasi tersebut saat kamu melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *