College

Tips Belajar UKMPPD Lulus One Shoot

UKMPPD atau Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter merupakan ujian akhir yang harus ditempuh oleh mahasiswa kedokteran untuk mendapatkan gelar dokter. Saat ini, lama masa studi kurang lebih 6 tahun yang dilalui oleh seorang mahasiswa kedokteran belum memastikan mahasiwa tersebut langsung memperoleh gelar dokternya. Kita sebagai mahasiswa kedokteran mungkin sudah terbiasa menghadapi ujian, baik ujian blok, osce atau ujian di setiap bagian selama kepanitraan klinik. Namun, untuk bisa sukses UKMPPD one shoot kita perlu usaha ekstra bila dibandingkan dengan ujian-ujian yang telah kita lalui tersebut. Berikut saya berikan tips sukses one shoot UKMPPD.

  1. Pahami Gaya Belajar Kamu

Learning Style dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu visual, auditori dan kinestetik. Kamu harus tau kamu lebih nyaman menggunakan gaya belajar yang mana. Dengan mengetahui gaya belajar kamu, kamu akan lebih mudah menerima suatu materi soal baru atau mengingat kembali materi kedokteran yang telah kamu pelajari saat preklinik. Kamu dapat membaca ciri dan tips belajar sesuai learning style kamu disini. Tips Belajar Efektif

  1. Bahas Soal, Minimal 100 Soal per Hari

Membahas 100 soal per hari merupakan jumlah minimal yang harus kamu pelajari, bahkan harusnya lebih. Dengan membahas minimal 100 soal per hari, dimulai saat kamu menyelesaikan rotasi kepanitraan klinik hingga ujian UKMPPD nantinya, akan membuat kamu lebih terbiasa memahami soal. Kamu akan menjadi lebih mudah menemukan kata kunci di sebuah soal. Ingat pepatah “ala bisa karena biasa”. Bahaslah soal-soal dari berbagai macam sumber. Jangan hanya membahas soal yang disediakan oleh kampus kamu. Kamu juga perlu membahas soal dari beberapa tempat bimbingan belajar. Kamu dapat mendownload soal-soal tersebut dari grup telegram “UKMPPD”

tips belajar ukmppd one shoot
Untuk lulus ukmppd one shoot perlu belajar soal 100 buah per hari dan membuat catatan kecil
  1. Bentuk Kelompok Belajar

Sebagian kamu mungkin merasa tidak nyaman belajar kelompok, merasa lebih fokus saat belajar sendiri. Namun, untuk sukses UKMPPD one shoot saya sarankan untuk membentuk kelompok belajar minimal 2 hingga 3 jam perhari. Dengan belajar kelompok, ilmu yang kamu miliki dapat kamu transfer ke teman begitu pun sebaliknya. Dengan materi kedokteran yang harus kita ulang kembali dalam waktu singkat, belajar kelompok merupakan salah satu cara solutif. Saat tidak belajar kelompok, kamu dapat mengulang materi pelajaran lain dirumah atau kamu dapat membahas soal lain hingga mencapai target minimal 100 soal per hari. Begitupun untuk persiapan OSCE, kamu dapat bergantian peran sebagai dokter-pasien dalam berbagai kasus bersama teman kelompok belajar.

  1. Ikut Bimbingan Belajar

Sekarang ini sudah banyak tersedia bimbingan belajar untuk persiapan UKMPPD. Mulai dari Klinik UKDI, PADI, Mediskus, MANTAP, Ingenio, bahkan masih banyak lagi. Jujur, menurut saya mengikuti bimbingan belajar di bimbel sangat membantu saya dalam persiapan UKMPPD. Materi yang diajarkan tutor sangat update, cara penyampaian materi pun tidak membosankan. Mungkin, tutor yang mengajar di bimbingan belajar tidak sepintar konsulen kita di Rumah Sakit. Namun, sebagai senior yang telah lebih dulu lulus UKMPPD, tutor bimbel memberikan kita tips dan trik menghapal materi – materi kedokteran dengan cara yang menarik. Jika memilih untuk tidak mengikuti bimbingan belajar di luar, kamu bisa mengikuti bimbingan yang disediakan di kampus kamu.

tips ukmppd one shoot
Catatan kecil belajar materi UKMPPD
  1. Doa

Seberapa pun kuat dan rajinnya kita belajar untuk persiapan UKMPPD, tetap nomor satu adalah berdoa pada Allah SWT. Setelah berbagai usaha dan persiapan yang telah kita lakukan berbulan-bulan, tetap di tangan Allah lah kita bisa lulus atau tidak. Penting juga untuk meminta doa kepada kedua orangtua, keluarga, teman dan sahabat. Ingat, ALLAH pasti melihat usaha kita.

Saat kamu mulai bosan belajar untuk persiapan UKMPPD setiap hari bahkan sampai harus begadang semalam suntuk, ingatlah kembali masa-masa perjuangan kamu. Kamu bahkan telah melewati banyak rintangan selama lebih kurang 6 tahun untuk sampai ke tahap ini. Cobalah untuk membangkitkan kembali semangat dengan berkumpul bersama teman seperjuangan saat semangat kamu mulai nge-drop. Semangat UKMPPD one shoot!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *